Daftar Blog Saya

Rabu, 21 November 2012

Pengalaman RRuaaaar Biasa sebagai Pelanggan INDOSAT


Saya pelanggan indosat mentari No. 081-519-319551. Setelah sekian waktu berlangganan, saya tidak menemukan masalah serius sampai pada hari Senin tanggal 19 November 2012.

Pada  hari itu, 19 November 2012, saya melakukan top-up nomor saya lewat ATM BCA sebesar Rp. 25.000. di print out tercetak jam 11: 46: 40 dengan no. seri 11191149220551. Setelah melakukan top-up, pulsa saya berjumlah Rp. 40.350.

Tidak lama setelah top-up saya registrasi opera mini di Indosat dengan cara ketik *123#, kemudian pilih no 4 (internet & FB, pilih no 9 (paket opera mini), kemudian pilih 3 (buanan). Beberapa saat kemudian saya dapat notifikasi dari 558, “anda telah terdaftar paket bulanan opera mini. Rp 30.000/bulan. Paket akan diperpanjang otomatis. Berhenti ketik UNREG kirim ke 558. CS 021 3502 460.” Logikanya setelah registrasi pulsa saya berkurang 30.000.

Setelah menerima notifikasi tersebut saya mematikan dan menghidupkan kembali hp saya. Selanjutnya, dengan kepercayaan yang sangat tinggi pada INDOSAT yang konon pelanggannya tidak hanya beberapa gelintir tapi berjumlah jutaan, saya mulai browsing dengan browser opera mini. Setelah sekian lama browsing kemudian saya berhenti koneksi internet. Karena penasaran, saya melakukan cek pulsa.

Yang membuat saya takjub di layar hp tertera jumlah pulsa  yang kurang dari 5000. berarti pulsa saya telah berkurang lebih dari Rp. 5000, padahal saya dalam paket opera mini yang biayanya telah dipotong oleh INDOSAT sebesar Rp. 30.000, dan tadi saya browsing dengan opera mini.

Menyadari kemumpunian INDOSAT, naik lah pitam saya. Tak menunggu lama langsung saya hubungi no 100 dari no indosat saya. Alhamdulillah, setelah saya hubungi beberapa kali, tidak juga berhasil. Padahal tiap panggiln pulsa saya dipotong Rp. 400. Tidak apa-apa, hitung-hitung sedekah sama orang kaya.

Saya coba dengan no indosat yang lain. Setelah beberapa kali trial and ERROR, akhirnya berhasil juga terhubung dengan call center.

Panggilan saya diterima oleh Bapak teguh. Setelah ditanya saya terangkan  masalah saya dan kerugian yang saya alami. Apa yang dikatakan Pak teguh membuat saya terkagum kagum, “ Sekarang ini di INDOSAT tidak ada paket Opera mini.”

Sambil berbicara dengan pak teguh saya ulangi prosedur registrasi paket opera mini di *123# di no indosat saya. Dan ternyata paket opera mini itu ada di paket internet dan FB pada no. 9. Saya yakin sekali dengan yang saya lakukan dan saya lihat di layar hp karena waktu itu saya tidak buta huruf dan tidak bodoh bodoh amat. Cuma si amat kali, yah, yang bodoh?

Kemudian saya beri tahu Pak teguh dengan apa yang sedang saya lakukan. Tapi tetap dengan keyakinannya , tenaga call center yang pasti sudah detraining dengan biaya yang tidak murah itu mengatakan bahwa  di INDOSAT tidak ada paket opera mini.

Habis cara untuk meyakinkannya, saya tantang dia untuk mengecek di *123# di hpnya (tenaga call center INDOSAT pasti pegang no INDOSAT kan?) Tapi nampaknya dia enggan melakukan itu. Buang buang waktu saja kali, karena sebagai tenaga call center INDOSAT pasti dia lebih tahu tentang INDOSAT dari pada saya. Saya, kan, Cuma CUSTOMER!

Lalu dia menawarkan untuk mengecek pemakaian pulsa saya hari itu  dan meminta saya untuk menunggu. Setelah menunggu tidak begitu lama tapi membuat tangan saya pegel memegang hand set dan telinga saya mulai panas, suara pak teguh yang memang terkesan sopan itu muncul juga. Selanjutnya dia memberitahukan bahwa hari itu tidak bisa dilakukan pengecekan pemakaian pulsa karena ada sesuatu yang sedang dilakukan dengan system INDOSAT. Jelasnya apa, saya lupa.

Hal lain yang konyol, kalo todak disebut bodoh, Pak teguh menyarankan mengecek status dengan ketik STAT kirim ke 2020. Dan sms jawaban mengatakan, “status anda saat ini adalah paket mentari 50”. Saran itu saya ikuti karena saya tidak mengerti dan Pak teguh meyarankan lebih dari sekali. Dan saya berfikir petugas call center perusahaan sekelas INDOSAT pastilah cerdas dalam berfikir. Dia tidak memberikan penjelasan samar samar dengan hasil cek yang dia telah sarankan.

Selanjutnhya saya Tanya, bagaimana dengan nasib pulsa saya yang terlanjur tertelan? Suara bijak beliau berujar agar saya menghubungi kembali INDOSAT dalam tiga hari, sementara dia menulis laporan keluhan saya.

Tak mau kalah saya balik menuntut INDOSAT yang menghubungi saya. Setelah tarik ulur entah berapa puluh meter, dia menjanjikan bahwa INDOSAT akan menghubungi saya secepatnya setelah laporan saya diproses.

Kata SECEPATNYA adalah sebuah “MAGIC WORD” yang biasanya orang gunakan ketika dia menjanjikan sesuatu tapi tidak bermaksud menepatinya. Maka dari itu, saya tolak magic word yang melenakan itu. Saya ingin yang lebih pasti. Saya minta dia meyebutkan waktu yang lebh spesifik, sehari, tiga hari, sebulan, enam bulan, setahun, seabad!

Kalau saya tadinya diminta untuk menghubungi kembali INDOSAT dalam tiga hari ke depan, sekarang dengan “terpaksa’ dia menjanjikan bahwa petugas INDOSAT akan menghubungi saya paling lambat dalam satu minggu dari hari itu.

Dengan terpaksa pula saya harus mempercayai beliau, walaupun sebenarnya “paling lambat satu minggu” juga bukan lah waktu yang spesifik.

Tapi tetap saya kejar dia. Siapa yang akan menghubungi saya. Dia katakan salah satu petugas INDOSAT. Ketika saya minta dia sendiri yang menghubungi saya, dengan pertimbangan dia akan lebih mengerti persoalan keluhan saya, dia tidak mau menjanjikan itu.

Selanjutnya dia mengucapkan terimakasih pada saya karena telah mempercayai dan menjadi pengguna setia INDOSAT. Saya timpali dengan mengucapkan terimakasih pada INDOSAT karena telah mengucapkan terimakasih pada saya, dan saya sangat menyesal sekali telah mempercayai dan menggunakan INDOSAT. Kemudian panggilan saya akhiri.

Dengan hati yang masih belum matang (baca: mengkel), saya buka lagi sms notifikasi dari 558. kali aja ada informasi yang saya lewatkan. Tapi semua sudah saya lakukan dengan benar.

Untuk menghabiskan kepenasaran, saya bertindak layaknya seorang idiot. Saya matikan hp, dan saya nyalakan lagi. Setelah hp nyala saya cek pulsa: Rp. 1657. Kemudian saya browsing dengan opera mini. Beberapa menit kemudian saya akhiri, dan saya cek lagi pulsa. Alhamdulullah di layar hp tertera angka Rp. 1268.

INDOSAT memang Huebaaaat!

Apa gerangan tindakan cerdas yang akan INDOSAT lakukan untuk mengatasi masalah “kecil” ini. Ya kecil, toh? Saya cuma berbicara tentang uang recehan yang tak sebanding dengan keuntungan berpuluh puluh, berarus ratus, atau mungkin beribu ribu karung rupiah yang tiap tahun INDOSAT raup.

Tapi walau begitu saya yakin saya bukan “the only one”..

Pagi pagi sekali, keesokannya, tgl 20 November 2012, saya masih berfikir dengan STAT kirim ke 2020. Apa iya begitu caranya mengecek paket internet INDOSAT?

Karena penasaran dan untuk menggenapkan kebodohan saya, saya cari cara untuk mengecek paket internet INDOSAT, dan ketemu di *123# dan mengikuti langkah selanjutnya. SMS respon dari 363 jam 04:50 berbunyi, ”Anda terdaftar di Paket paket bulanan opera mini, berlaku sampai 2012-12-19 11:58 dengan status active”.

Jadi sebenarnya, petugas call center yang kepintaran atau otak saya yang terlalu kecil untuk mengimbangi otak raksasa petugas call center dengan pelayanan cerdasnya?

Dengan berbekal sisa pulsa Rp. 1168, saya coba lagi browsing dengan opera mini. Baru beberapa menit koneksi internet terputus.  Dan pulsa saya cek . di latay hp tertera , “pulsa utama Rp. 0,  aktif 19-12-12, tenggang 18-01-13. Bonus pulsa 0…”. Selanjutnya ada iklan games.

Lengkap lah hari hari luar biasa dan cetar membahana bagi saya. Tapi tidak apa. Kalau ada yang sedih pasti ada yang bahagia. Akalau ada yang menangis pasti ada yang tertawa. Karena hal seburuk apa pun bisa menjadi lucu dan membuat orang terbahak bahak, selama kejadian buruk itu terjadi pada orang lain.

Ternyata saya tidak harus menunggu sampai seminggu . tanggal 20 November sekitar jam Sembilan pagi sudah ada orang INDOSAT yang menghubungi saya. RRRRuar biasa. Untuk yang satu ini saya saluuuuut sekali pada INDOSAT.

Insya Allah akan saya tulis lagi pengalaman saya dihibungi  INDOSAT  dalam EPISODE 2.

Salam RRuaaaar Biasa, Bung Teguh!

1 komentar:

  1. Permisi admin

    numpang promo yah bos
    Berjudi di dewalotto menang terus dengan jackpot jutaan rupiah setiap hari
    bagi yang bingung main judi kalah terus yuk di coba d sini :

    www.dewalotto.club

    sillahkan di coba Keberuntungan nya bos dalam bermain di dewalotto.club
    Dengan min DP 20rb & WD 20rb bos bisa memenangkan permainan Chip Rupiah Asli loh !

    Untuk Info selengkapnya Hubungi kami di :

    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE

    BalasHapus