Saya pelanggan indosat mentari No. 081-519-319551. Setelah
sekian waktu berlangganan, saya tidak menemukan masalah serius sampai pada hari
Senin tanggal 19 November 2012.
Pada hari itu, 19 November
2012, saya melakukan top-up nomor saya lewat ATM BCA sebesar Rp. 25.000. di print
out tercetak jam 11: 46: 40 dengan no. seri 11191149220551. Setelah melakukan top-up,
pulsa saya berjumlah Rp. 40.350.
Tidak lama setelah top-up saya registrasi opera mini di
Indosat dengan cara ketik *123#, kemudian pilih no 4 (internet & FB, pilih
no 9 (paket opera mini), kemudian pilih 3 (buanan). Beberapa saat kemudian saya
dapat notifikasi dari 558, “anda telah terdaftar paket bulanan opera mini. Rp
30.000/bulan. Paket akan diperpanjang otomatis. Berhenti ketik UNREG kirim ke
558. CS 021 3502 460.” Logikanya setelah registrasi pulsa saya berkurang
30.000.
Setelah menerima notifikasi tersebut saya mematikan dan
menghidupkan kembali hp saya. Selanjutnya, dengan kepercayaan yang sangat
tinggi pada INDOSAT yang konon pelanggannya tidak hanya beberapa gelintir tapi berjumlah
jutaan, saya mulai browsing dengan browser opera mini. Setelah sekian lama
browsing kemudian saya berhenti koneksi internet. Karena penasaran, saya
melakukan cek pulsa.
Yang membuat saya takjub di layar hp tertera jumlah
pulsa yang kurang dari 5000. berarti
pulsa saya telah berkurang lebih dari Rp. 5000, padahal saya dalam paket opera
mini yang biayanya telah dipotong oleh INDOSAT sebesar Rp. 30.000, dan tadi
saya browsing dengan opera mini.
Menyadari kemumpunian INDOSAT, naik lah pitam saya. Tak
menunggu lama langsung saya hubungi no 100 dari no indosat saya. Alhamdulillah,
setelah saya hubungi beberapa kali, tidak juga berhasil. Padahal tiap panggiln
pulsa saya dipotong Rp. 400. Tidak apa-apa, hitung-hitung sedekah sama orang
kaya.
Saya coba dengan no indosat yang lain. Setelah beberapa kali
trial and ERROR, akhirnya berhasil juga terhubung dengan call center.
Panggilan saya diterima oleh Bapak teguh. Setelah ditanya
saya terangkan masalah saya dan kerugian
yang saya alami. Apa yang dikatakan Pak teguh membuat saya terkagum kagum, “
Sekarang ini di INDOSAT tidak ada paket Opera mini.”
Sambil berbicara dengan pak teguh saya ulangi prosedur
registrasi paket opera mini di *123# di no indosat saya. Dan ternyata paket
opera mini itu ada di paket internet dan FB pada no. 9. Saya yakin sekali
dengan yang saya lakukan dan saya lihat di layar hp karena waktu itu saya tidak
buta huruf dan tidak bodoh bodoh amat. Cuma si amat kali, yah, yang bodoh?
Kemudian saya beri tahu Pak teguh dengan apa yang sedang saya
lakukan. Tapi tetap dengan keyakinannya , tenaga call center yang pasti sudah
detraining dengan biaya yang tidak murah itu mengatakan bahwa di INDOSAT tidak ada paket opera mini.
Habis cara untuk meyakinkannya, saya tantang dia untuk
mengecek di *123# di hpnya (tenaga call center INDOSAT pasti pegang no INDOSAT kan ?) Tapi nampaknya dia
enggan melakukan itu. Buang buang waktu saja kali, karena sebagai tenaga call
center INDOSAT pasti dia lebih tahu tentang INDOSAT dari pada saya. Saya, kan , Cuma CUSTOMER!
Lalu dia menawarkan untuk mengecek pemakaian pulsa saya hari
itu dan meminta saya untuk menunggu.
Setelah menunggu tidak begitu lama tapi membuat tangan saya pegel memegang hand
set dan telinga saya mulai panas, suara pak teguh yang memang terkesan sopan
itu muncul juga. Selanjutnya dia memberitahukan bahwa hari itu tidak bisa
dilakukan pengecekan pemakaian pulsa karena ada sesuatu yang sedang dilakukan
dengan system INDOSAT. Jelasnya apa, saya lupa.
Hal lain yang konyol, kalo todak disebut bodoh, Pak teguh
menyarankan mengecek status dengan ketik STAT kirim ke 2020. Dan sms jawaban
mengatakan, “status anda saat ini adalah paket mentari 50”. Saran itu saya
ikuti karena saya tidak mengerti dan Pak teguh meyarankan lebih dari sekali.
Dan saya berfikir petugas call center perusahaan sekelas INDOSAT pastilah
cerdas dalam berfikir. Dia tidak memberikan penjelasan samar samar dengan hasil
cek yang dia telah sarankan.
Selanjutnhya saya Tanya, bagaimana dengan nasib pulsa saya
yang terlanjur tertelan? Suara bijak beliau berujar agar saya menghubungi
kembali INDOSAT dalam tiga hari, sementara dia menulis laporan keluhan saya.
Tak mau kalah saya balik menuntut INDOSAT yang menghubungi
saya. Setelah tarik ulur entah berapa puluh meter, dia menjanjikan bahwa
INDOSAT akan menghubungi saya secepatnya
setelah laporan saya diproses.
Kata SECEPATNYA adalah sebuah “MAGIC WORD” yang biasanya
orang gunakan ketika dia menjanjikan sesuatu tapi tidak bermaksud menepatinya.
Maka dari itu, saya tolak magic word yang melenakan itu. Saya ingin yang lebih
pasti. Saya minta dia meyebutkan waktu yang lebh spesifik, sehari, tiga hari,
sebulan, enam bulan, setahun, seabad!
Kalau saya tadinya diminta untuk menghubungi kembali INDOSAT
dalam tiga hari ke depan, sekarang dengan “terpaksa’ dia menjanjikan bahwa
petugas INDOSAT akan menghubungi saya paling lambat dalam satu minggu dari hari
itu.
Dengan terpaksa pula saya harus mempercayai beliau, walaupun
sebenarnya “paling lambat satu minggu” juga bukan lah waktu yang spesifik.
Tapi tetap saya kejar dia. Siapa yang akan menghubungi saya.
Dia katakan salah satu petugas INDOSAT. Ketika saya minta dia sendiri yang
menghubungi saya, dengan pertimbangan dia akan lebih mengerti persoalan keluhan
saya, dia tidak mau menjanjikan itu.
Selanjutnya dia mengucapkan terimakasih pada saya karena
telah mempercayai dan menjadi pengguna setia INDOSAT. Saya timpali dengan
mengucapkan terimakasih pada INDOSAT karena telah mengucapkan terimakasih pada
saya, dan saya sangat menyesal sekali telah mempercayai dan menggunakan
INDOSAT. Kemudian panggilan saya akhiri.
Dengan hati yang masih belum matang (baca: mengkel), saya
buka lagi sms notifikasi dari 558. kali aja ada informasi yang saya lewatkan.
Tapi semua sudah saya lakukan dengan benar.
Untuk menghabiskan kepenasaran, saya bertindak layaknya
seorang idiot. Saya matikan hp, dan saya nyalakan lagi. Setelah hp nyala saya
cek pulsa: Rp. 1657. Kemudian saya browsing dengan opera mini. Beberapa menit
kemudian saya akhiri, dan saya cek lagi pulsa. Alhamdulullah di layar hp
tertera angka Rp. 1268.
INDOSAT memang Huebaaaat!
Apa gerangan tindakan cerdas yang akan INDOSAT lakukan untuk
mengatasi masalah “kecil” ini. Ya kecil, toh? Saya cuma berbicara tentang uang
recehan yang tak sebanding dengan keuntungan berpuluh puluh, berarus ratus,
atau mungkin beribu ribu karung rupiah yang tiap tahun INDOSAT raup.
Tapi walau begitu saya yakin saya bukan “the only one”..
Pagi pagi sekali, keesokannya, tgl 20 November 2012, saya
masih berfikir dengan STAT kirim ke 2020. Apa iya begitu caranya mengecek paket
internet INDOSAT?
Karena penasaran dan untuk menggenapkan kebodohan saya, saya
cari cara untuk mengecek paket internet INDOSAT, dan ketemu di *123# dan
mengikuti langkah selanjutnya. SMS respon dari 363 jam 04:50 berbunyi, ”Anda
terdaftar di Paket paket bulanan opera mini, berlaku sampai 2012-12-19 11:58
dengan status active”.
Jadi sebenarnya, petugas call center yang kepintaran atau otak
saya yang terlalu kecil untuk mengimbangi otak raksasa petugas call center dengan
pelayanan cerdasnya?
Dengan berbekal sisa pulsa Rp. 1168, saya coba lagi browsing
dengan opera mini. Baru beberapa menit koneksi internet terputus. Dan pulsa saya cek . di latay hp tertera ,
“pulsa utama Rp. 0, aktif 19-12-12, tenggang
18-01-13. Bonus pulsa 0…”. Selanjutnya ada iklan games.
Lengkap lah hari hari luar biasa dan cetar membahana bagi
saya. Tapi tidak apa. Kalau ada yang sedih pasti ada yang bahagia. Akalau ada
yang menangis pasti ada yang tertawa. Karena hal seburuk apa pun bisa menjadi
lucu dan membuat orang terbahak bahak, selama kejadian buruk itu terjadi pada
orang lain.
Ternyata saya tidak harus menunggu sampai seminggu . tanggal
20 November sekitar jam Sembilan pagi sudah ada orang INDOSAT yang menghubungi
saya. RRRRuar biasa. Untuk yang satu ini saya saluuuuut sekali pada INDOSAT.
Insya Allah akan saya tulis lagi pengalaman saya dihibungi INDOSAT dalam EPISODE 2.
Salam RRuaaaar Biasa, Bung Teguh!
Permisi admin
BalasHapusnumpang promo yah bos
Berjudi di dewalotto menang terus dengan jackpot jutaan rupiah setiap hari
bagi yang bingung main judi kalah terus yuk di coba d sini :
www.dewalotto.club
sillahkan di coba Keberuntungan nya bos dalam bermain di dewalotto.club
Dengan min DP 20rb & WD 20rb bos bisa memenangkan permainan Chip Rupiah Asli loh !
Untuk Info selengkapnya Hubungi kami di :
WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE