Daftar Blog Saya

Senin, 15 Maret 2010

Apakah Anda TermasukOrang Bodoh?


Jika judul di atas diucapkan seseorang dan ditujukan kepada anda sambil menuding, apa reaksi anda? Saya yakin anda setidaknya tidak akan senang, atau mungkin tersinggung, atau tidak tertutup kemungkinan anda akan marah dan balik menuding dan membalas dengan kata-kata yang lebih hebat.

Kalau umpatan yang dijadikan judul itu kurang mengundang reaksi keras, bagaimana kalau, maaf, Goblok! Tolol! Wong Edan! Kepala Udang! Otak Cetek! Sekali lagi maaf, bukan maksud saya mengumpat anda, tapi saya hanya ingin memberi contoh kata-kata yang biasa digunakan orang untuk mengumpat.

Marah dan merasa tersinggung adalah reaksi wajar ketika mendengar orang mengucapkan contoh-contoh kata umpatan di atas yang ditujukan kepada anda. Tapi kalau kita mengamati dengan iklhlas dan jujur dengan merujuk pada referensi yang sahih, tidak seharusnya kita “marah” ketika mendengar orang mengumpat pada kita dengan mengatakan, “Kamu Bodoh!”

Menuruh Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)on-line, marah artinya sangat tidak senang (krn dihina, diperlakukan tidak sepantasnya, dsb); berang; gusar…

Dari pengertian kata di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa kita berhak marah jika kita merasa tidak seperti yang dimaksud dengan arti yang terkandung dalam dalam kata tersebut. Kita berhak tersinggung jika kita tidak bodoh. Kita berhak belikmarah jikakita merasapintar

Bodah menurut KBBI adalah: 1. tidak lekas mengerti; tidak mudah tahu atau tidak dapat (mengerjakan dsb)… 2. tidak memiliki pengetahuan (pendidikan, pengalaman). Dalam arti lain bodoh bisa berarti tidak banyak tahu, tahu sedikit, atau tidak tahu sama sekali tentang sesuatu. Dalam konteks tertentu bodoh bisa berarti melekukan sesuatu kesalahan yang seharusnyatidak dilakukan karena yang dilakukan itu melanggar aturan atau semua orang tahu itu salah, dan sebetulnya bila kita cukup pintar, hal itu tidak perlu terjadi.

Mari kita memikirkan dan bertanya pada diri kita sendiri. Berapa perilaku pintar yang telah kita lakukan beberapa hari terakhir ini? Atau beberapa minggu terakhir? Atau mamasuki tahun 2010? Atau dalam decade terakhir? Dan berapa perilaku bodoh yang telah kita perbuat dalam kurun waktu yang sama.

Selamat! Untuk mereka yang telah melakukan lebih banyak perilaku penanda pintar dari pada kebodohan. Karena anda termasuk kelompok orang PINTAR. Mereka yang melakukan jumlah perilaku pintar dan kebodohan kurang lebih 50-50 juga bisa dikelompokan kedalamkelompok ini.

Dan untuk mereka yang melakukan lebih banyak kebodohan dari pada perilaku pintar, maaf saja kalau saya kelompokan anda kedalam kelompok orang-orang BODOH. Saya pun kemungkinan besar masuk kelompok ini.

Tapi saya tidak akan pernah menunjuk seseorang dan mengatakan, “ BODOH!” karena kalau begitu lebih banyak jari yang akan menunjuk diri sendiri. Semakin bodohlah saya.

2 komentar:

  1. saya masih bodoh pak, masih harus banyak belajar... : )

    BalasHapus
  2. Orang yang mengatakan dirinya sendiri bodoh adalah orang pintar. orang yang mengatakan dirinya sendiri pintar adalah orang bodoh. Setuju?

    BalasHapus